KONTRIBUSI DAN PERKEMBANGAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN DI INDONESIA

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Sosiologi secara sarkastik sering dikatakan oleh sebagian orang sebagai suatu usaha mengumpulkan apa yang diketahui setiap orang dan menuangkannya dalam kata-kata yang tidak bisa dipahami siapapun. Karena sudah menjadi rahasia umum, dimata sebagian orang hasil-hasil kajian sosiologi kebanyakan hanya dipahami berupa buku-buku laporan yang sangat tebal, penuh dengan terminologi-terminologi yang membingungkan, dan karena itu bagi sebagian birokrat buku itu hanya disimpan di rak-rak buku tanpa terlebih dahulu mau membacanya secara seksama.[1]
Berbeda dengan ilmu-ilmu terapan lain -seperti kedokteran, arsitektur, tehnik sipil, ekonomi, hukum, farmasi, dan lain-lain- yang mencetak sarjana atau para profesional yang siap praktik di masyarakat maupun dunia usaha. Sosiologi pada dasarnya tidak bertujuan utama menghasilkan para praktisi atau “tukang”. Seperti yang dikatakan Peter L. Berger (1985), produk sosiologi adalah para pemikir yang senantiasa peka dan kritis terhadap realitas sosial. Sumbangan sosiologi terhadap usaha pengembangan masyarakat memang tidak langsung bisa dirasakan, tetapi sifatnya mendasar karena sosiologi mampu menyuguhkan analisis dan evaluasi terhadap berbagai hal yang dalam banyak hal diluar pemikiran disiplin ilmu lain.[2]
Begitu pula sosiologi yang menjurus pada pendidikan, atau lazimnya disebut sosiologi pendidikan. Tentang konribusinya dalam dunia pendidikan dewasa ini, dan perjalanannya hingga berkembang seperti sekarang ini dalam dunia pendidikan di Indonesia, kami penulis mencoba menuangkannya dalam makalah.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana kontibusi sosiologi pendidikan pada dunia pendidikan?
2.      Bagaimana perkembangan sosiologi pendidikan di Indonesia?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui kontribusi sosiologi pendidikan pada dunia pendidikan
2.      Untuk mengetahui perkembangan sosiologi pendidikan di Indonesia
D.    Batasan Masalah
1.      Kami membatasi pembahasan ini hanya berfokus pada

BAB II
PEMBAHASAN
A.      Kontribusi Sosiologi Pendidikan Pada Dunia Pendidikan

B.       Perkembangan Sosiologi Pendidikan Di Indonesia
Penting dan sekaligus menarik bagi para sosiolog untuk membicarakan tentang perkembangan sosiologi di Indonesia. Ada kemiripan antara perkembangan perkembangan awal sosiologi di Indonesia dengan Ameriaka. Kemiripan itu terletak pada karakter sosiologi, meskipun di Indonesia lebih spesifik.
Sebagaimana kita ketahui dalam sejarahnya, Belanda sedemikian lama bertahan di nusantara karena mereka menguasai tipologi masyarakat yang dijajahnya. Demikianlah kita kenal misalnya Krom, Veth, dan Snouck Hurgronje merupakan para pejabat yang merangkap pemikir yang boleh dikatakan ahli kemasyarakatan, dan sekaligus sebahgai cikal bakal yang memulai kajian-kajian berbau sosiologi di Indonesia.[3]

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.       
B.     Saran



[1] Dwi narko-bagong suyanto, Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, (Jakarta: Kencana, 2004), 1
[2] Ibid, 2
[3] Bustami rahman, Perkembangan Sosiologi di Indonesia (Bandung: Mata Pena, 2000), 3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAGEMENT KEUANGAN/PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

HUKUM PIDANA