KONTRIBUSI DAN PERKEMBANGAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN DI INDONESIA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sosiologi secara sarkastik sering
dikatakan oleh sebagian orang sebagai suatu usaha mengumpulkan apa yang
diketahui setiap orang dan menuangkannya dalam kata-kata yang tidak bisa
dipahami siapapun. Karena sudah menjadi rahasia umum, dimata sebagian orang
hasil-hasil kajian sosiologi kebanyakan hanya dipahami berupa buku-buku laporan
yang sangat tebal, penuh dengan terminologi-terminologi yang membingungkan, dan
karena itu bagi sebagian birokrat buku itu hanya disimpan di rak-rak buku tanpa
terlebih dahulu mau membacanya secara seksama.[1]
Berbeda dengan ilmu-ilmu terapan
lain -seperti kedokteran, arsitektur, tehnik sipil, ekonomi, hukum, farmasi,
dan lain-lain- yang mencetak sarjana atau para profesional yang siap praktik di
masyarakat maupun dunia usaha. Sosiologi pada dasarnya tidak bertujuan utama
menghasilkan para praktisi atau “tukang”. Seperti yang dikatakan Peter L.
Berger (1985), produk sosiologi adalah para pemikir yang senantiasa peka dan
kritis terhadap realitas sosial. Sumbangan sosiologi terhadap usaha
pengembangan masyarakat memang tidak langsung bisa dirasakan, tetapi sifatnya
mendasar karena sosiologi mampu menyuguhkan analisis dan evaluasi terhadap
berbagai hal yang dalam banyak hal diluar pemikiran disiplin ilmu lain.[2]
Begitu pula sosiologi yang menjurus
pada pendidikan, atau lazimnya disebut sosiologi pendidikan. Tentang
konribusinya dalam dunia pendidikan dewasa ini, dan perjalanannya hingga
berkembang seperti sekarang ini dalam dunia pendidikan di Indonesia, kami
penulis mencoba menuangkannya dalam makalah.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
kontibusi sosiologi pendidikan pada dunia pendidikan?
2.
Bagaimana
perkembangan sosiologi pendidikan di Indonesia?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk
mengetahui kontribusi sosiologi pendidikan pada dunia pendidikan
2.
Untuk
mengetahui perkembangan sosiologi pendidikan di Indonesia
D.
Batasan Masalah
1.
Kami
membatasi pembahasan ini hanya berfokus pada
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Kontribusi Sosiologi Pendidikan Pada Dunia Pendidikan
B.
Perkembangan Sosiologi Pendidikan Di Indonesia
Penting dan sekaligus menarik bagi para sosiolog untuk membicarakan
tentang perkembangan sosiologi di Indonesia. Ada kemiripan antara perkembangan
perkembangan awal sosiologi di Indonesia dengan Ameriaka. Kemiripan itu
terletak pada karakter sosiologi, meskipun di Indonesia lebih spesifik.
Sebagaimana
kita ketahui dalam sejarahnya, Belanda sedemikian lama bertahan di nusantara
karena mereka menguasai tipologi masyarakat yang dijajahnya. Demikianlah kita
kenal misalnya Krom, Veth, dan Snouck Hurgronje merupakan para pejabat yang
merangkap pemikir yang boleh dikatakan ahli kemasyarakatan, dan sekaligus
sebahgai cikal bakal yang memulai kajian-kajian berbau sosiologi di Indonesia.[3]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
B.
Saran
Komentar
Posting Komentar